24 December 2006

tentang tersendiri



ada yang bilang hidup sendiri itu nikmat, kita tak perlu memikirkan perasaan orang lain. namun ada yang bilang lebih nikmat lagi jika hidup bersama dengan orang lain, karena kita dapat merasakan indahnya kebersamaan. namun, pernahkah kita merasa sendirian meskipun saat itu banyak orang disekeliling kita? pernahkah kita merasa terasing di tengah sahabat-sahabat kita?

manusia merupakan makhluk sosial. dia tidak bisa hidup sendiri, karena ada kebutuhannya yang tak bisa dipenuhi sendiri. namun, manusia juga merupakan makhluk pribadi yang kadang membutuhkan waktu untuk sendirian. beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah novel yang menceritakan tentang kebersamaan beberapa orang manusia ang menyatakan diri untuk saling bersahabat. hampir setiap waktu mereka selalu bersama, hingga pada suatu waktu mereka merasa perlu untuk berpisah untuk sementara waktu. intinya meskipun kita membutuhkan orang lain dalam hidup ini, terkadang kita perlu untuk menyendirikan diri kita. entah itu untuk merenung, mengevaluasi diri, atau membaca keadaan diri dan sekitar.

meskipun kita merasa nyaman dalam kesendirian, namun ada kalanya kita akan merasa sepi dan sendiri. dan pada saat itu kita akan membutuhkan orang lain untuk bercengkrama, merasakan warna lain dari kehidupan. awalnya mungkin akan terasa asing dan sulit, karena jiwa kita akan terasa terkekang oleh kebebasan orang lain, namun justru disanalah bentuk pelajaran berharga yang sangat penting dalam pendewasaan. warna-warni hidup akan mulai mewarnai hati kita.

dengan hidup bersama dengan orang lain, kita akan dapat menempa kesabaran yang dibutuhkan agar hidup kita lebih kuat. dengan hidup sendiri kita dapat mengenali kemampuan kita sesungguhnya. dengan hidup bersama akan ada pembakar semangat yang akan mendorong kita ketika ada rintangan yang menghadang. dengan hidup sendiri kita akan merasa dekat dengan alam.

kita memang membutuhkan orang lain untuk dapat menemukan jati diri sebagai manusia, namun kesendirian akan dapat membantu kita untuk mencari fitrah yang sesungguhnya

Reactions:

2 comments:

Menyendiri kadang perlu, paling ga kita bisa introspeksi diri. Tapi yang namanya hidup emg perlu orang lain lah, kan manusia makhluk sosial, bisa2 jadi 'sakit' kalo sendirian terus...

Assalamuaalaikum...
salam kenal, mas...
Sendirian..terkadang perlu...Jika kita terlalu lama "beramai-ramai" Menenangkan rutinitas yang begitu "kebut-kebutan"

Post a Comment