31 December 2006

curhat akhir tahun versi dunia

ketika diawal tahun, begitu banyak rencana-rencana di kepala. baik itu rencana kegiatan yang akan dilakukan. rencana perubahan kehidupan sosial. rencana usaha-usaha pengembangan diri. rancangan strategi pencapaian hasil studi. bahkan rancangan targetan masa 10 tahun ke depan pun sempat dikoreksi agar sesuai dengan perkembangan yang ada, namun mulai muncul beragam masalah

begitu banyak rencana-rencana yang tak tercapai. begitu banyak kegiatan-kegiatan yang tak jadi dilaksanakan. usaha pengembangan diri pun tidak mencapai target yang diinginkan. strategi untuk studi pun menjadi kacau balau. keeksisan hubungan sosial, tak dapat diharapkan. dan yang paling parah... rencana nikah yang terpaksa harus ditunda.

di tahun ini, akhirnya saya kembali menjadi operator warnet, setelah sebelumnya warnet tempat saya bekerja mengalami kebangkrutan. di warnet yang baru ini saya merasa lebih nyaman. selain karena sang boss yang sangat baik (kadang suka nraktir saya makan dan minum di rumah makan milik orang tuanya) beliau juga ga terlalu keras terhadap peraturan. hubungannya dengan operator yang lainnya pun cukup akrab. sayangnya saya malah memanfaatkan kebaikannya itu demi kepentingan saya sendiri. saya pun merasa tidak optimal dalam menjalankan tugas. masih terbawa perasaan ketika bekerja.

di tahun ini juga, saya kembali gagal dalam mencapai target perbaikan diri. masih begitu banyak kebiasaan-kebiasaan jelek yang dilakukan. dan sayangnya saya masih melakukan pembenaran terhadap hal itu. kebiasaan paling utama adalah, menunda (dengan alasan "terkadang kita perlu menunda yang baik untuk mendapatkan yang terbaik"), malas, malu, menutup diri, terbawa perasaan, lebih banyak bicara dan merencana tanpa melakukan, dan menyepelekan hal yang sepele.

di tahun ini pula nilai-nilai mata kuliah saya semakin turun. kuliah sering tidak masuk. tidak memperhatikan informasi yang disampaikan dosen. dan masih banyak hal-hal akademis yang saya tinggalkan.

di tahun ini pun saya kembali gagal dalam menyelesaikan buku Dunia Transparan dan cerpen Gw Emang Jagoan. padahal sudah lebih dari 2 tahun konsep itu diendapkan. rencana pergi bersilaturahim ke rumah uyut yang ada di dekat kostan pun kembali tak terlaksana, dan kini uyut saya sudah meninggal.

semoga di tahun depan saya dapat mencapai targetan-targetan yang akan saya rencanakan. semoga di tahun depan semakin banyak rencana yang dapat saya selesaikan. semoga di tahun depan semuanya dapat menjadi lebih baik

0 comments:

Post a Comment