07 January 2007

hanya sebuah tulisan

apakah anda merasa nyaman dengan keadaan anda sekarang? apakah anda merasa biasa-biasa saja dengan alur cerita kehidupan saat ini? apakah tidak ada rasa gemas saat melihat pola pergaulan yang ada? atau pernahkah anda merasa bahwa anda sedang hidup saat ini?

soal-soal di atas tidak akan keluar dalam Ujian Akhir Nasional atau Ujian Akhir Smester. tapi setidaknya pertanyaan tersebut dapat menjadi stimulus untuk merangsang otak anda untuk berpikir. gunanya agar anda dapat merasakan hidup yang sebenarnya. resikonya, anda akan mulai berjalan keluar dari goa-kenyamanan yang sebenarnya hanya menawarkan senyamanan yang bukan sesungguhnya. di luar goa itu anda akan menemukan beragam tantangan. beragam bahaya. beragam rasa. anda akan sulit untuk merasa nyaman, bahkan hanya untuk rasa aman pun tidak ada yang dapat menjaminnya. namun dengan berjalan ke luar, anda akan menemukan arti dari kehidupan itu. anda akan mendapat gambaran sesugguhnya tentang siapa anda. klimaksnya, anda akan menjadi manusia yang sesuai dengan fitrah dari Nya.

pertanyaan-pertanyaan di atas akan memiliki cabang-cabang pertanyaan lanjutan. beberapa dari pertanyaan turunan ini akan membawa anda membentuk atau menemukan pada pola pikir/ paradigma/ konsep hidup anda. inti beberapa pertanyaan-pertanyaan turunan yang bertujuan untuk mengenal, menemukan atau membentuk cara anda menjalani hidup adalah :

  • hedonisme
  • anti kemampanan
  • religius
  • individualis
  • all truis
  • sekuler


dalam tulisan ini saya hanya ingin mengajak anda berpikir. saya hanya ingin mengajak anda melihat dunia yang sesungguhnya, bukan dunia pantulan yang terlihat pada dinding goa-kenyamanan, akibat dari pantulan cahaya dunia yang sesungguhnya. memang gambaran dunia semu itu cukup indah, namun apa artinya keindahan jika kita hanya dapat melihatnya? mengapa kita hanya melihat, jika sebenarnya kita dapat menyentuhnya, bahkan menjadi bagian darinya.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment