12 November 2006

antara tamu, semah dan realita

siapakah itu tamu? lalu apa itu semah? apa hubungan keduanya dengan realita?
sebelum mulai akan saya berikan penjelasan dari judul tulisan ini

tamu = orang atau sesuatu yang melakukan kunjungan
semah (ngahesekeun nu boga imah)= orang atau sesuatu yang menyusahkan orang yang sedang dikunjungi/ yang punya rumah
realita = keadaan yang terjadi, ntah itu yang dimanipulasi atau memang yang sebenarnya

tulisan ini dimunculkan karena terdorong oleh opini-opini yang muncul menanggapi kedatangan seorang goorge walker bush ke indonesia. G.W. Bush merupakan seorang presiden amerika serikat. bukanlah hal yang aneh jika seorang presiden melakukan kunjungan ke negara-negara yang ada di dunia. sebab presiden juga seorang manusia yang membutuhkan kehadiran manusia yang lain. rosululloh pun menganjurkan untuk bersilaturahim. namun, tampaknya ada masalah dengan kunjungan bush jr. ini

hampir semua orang tahu, bahwa sejak kepemimpinannya (atau bahkan memang sudah sejak sebelumnya) amerika dianggap telah melakukan banyak pelanggaran HAM. penyerangan ke Afganisthan dan Irak dan bantuan perang terhadap israel yang menyerang Palestina mungkin bisa menjadi contoh yang nyata dan besar.

standar ganda yang dilakukan oleh bush jr. pun tampaknya menjadi polemik juga di mata negara-negara yang terdzolimi. intervensi terhadap keputusan PBB dan juga negara-negara lemah (termasuk Indonesia) telah menambah daftar perilaku yang tak disenangi.

kini, bush jr. hendak berkunjung ke Indonesia. dia memposisikan diri sebagai tamu. sebagai orang yang bertatakrama dan beradab, sudah selayaknya bangsa Indonesia yang diwakili oleh pemerintah untuk menata dan menjamu seorang tamu. memberikan kenyamanan dan ketenangan merupakan hal utama dalam menyambut tamu. namun, apakah seorang bush jr. memang pantas dianggap sebagai tamu?

melihat track recordnya yang dapat dikatakan sebagai daftar hitam, tampaknya semah merupakan gelar yang layak bagi seorang bush jr. lalu, untuk apa bangsa indonesia menjamu seorang semah yang telah menyusahkan sebagian besar rakyat dunia?

sebagai penutup, mari kita sambut bush jr. dengan sambitan yang meriah >:)

Reactions:

0 comments:

Post a Comment