29 October 2006

Pentingkah Mengucapkan Salam?

salah satu hak seorang muslim terhadap muslim lainnya adalah ucapan "assalaamu'alaikumwarohmatullohiwabarokaathu"

namun, tak dapat dipungkiri bahwa terkadang kita merasa malas untuk sekadar menyapa atau bahkan membalas sapaan. kadang kita pun merasa tidak ingin bertemu dengan siapa-siapa di tengah-tengah keramaian. kadang kita ingin menjadi orang yang tersendiri, menyepi meskipun hal itu terjadi ketika kita berada dalam sebuah komunitas atau sebuah pekerjaan yang memposisikan diri kita berada dalam keramaian.

hal ini pun muncul dalam aktivitas di dunia maya, tepatnya ketika kita menggunakan fasilitas mesengger, baik itu YIM, MIRC atau pun yang lain. kita pasti akan bertemu dengan orang-orang yang sedang on line dan sebagai seorang muslim, kita sepatutnya menyampaikan salam, ke semuanya, yang paling mudah adalah dengan cara broadcast. namun, terkadang kita akan merasa bahwa salam tersebut akan mengganggu saudara muslim kita, karena kadang kita pun merasa terganggu dengan salam dari orang lain.

namun, tahukah anda, sesuai dengan kalimat pertama tulisan ini, salam adalah salah satu hak seorang muslim terhadap muslim lainnya. maka, sudah sepantasnyalah kita menebarkan salam, meskipun kita merasa bahwa salam itu akan mengganggu muslim yang lain. kita pun harus menghilangkan rasa "terganggu" ketika kita menerima salam dari orang lain, dan menggantinya dengan rasa senang untuk menjawab salamnya.

Reactions:

2 comments:

iyah.. kalo di dunia nyata aku sering ^^ tp kalo di dunia maya kadang2 lupa salam :P

Salam mempunyai arti yang begitu kuat dalam kehidupan. Didalamnya mengikat kita untuk saling mengenal, persaudaraan dan doa yang begitu indah
http://afton.wordpress.com/2006/06/30/salam/

Post a Comment