16 September 2007

informasi dan konfirmasi

bagi pengguna internet, terutama yang sering beraktivitas menggunakan fasilitas instant messenger, seperti YIM, Gtalk, dan MSN messenger, tentunya pernah mendengar kata "hoax". hoax adalah berita bohong tentang sesuatu hal. terkadang hoax hampir mirip dengan kebenaran, bahkan ada pula bagiannya yang memang sebuah kebenaran. umumnya hoax di indonesia -berdasarkan pengamatan saya- berkembang dengan subur.

hoax terbaru yang saya dapatkan adalah tentang kata "4JJ1". 4JJ1 -dalam hoax yang saya dapatkan- merupakan sebuah singkatan. adapun kepanjangan dari 4JJ1 -masih berdasarkan hoax- adalah "for judas, jesus and isa al masih". mengapa saya menyatakan hal ini adalah sebuah hoax? sebab setelah saya konfirmasi kepada pengirim pesan ataupun kepada teman-teman saya yang mendapatkan pesan tersebut, sama halnya dengan berita-berita yang masuk dalam kategori hoax, berita tentang 4JJ1 memiliki sumber informasi yang tidak jelas berasal dari mana. selain itu penghubungan 4JJ1 dengan "judas", "jesus", dan "isa al masih" berdasarkan informasi dari teman saya yang seorang nasrani, merupakan sebuah pemaksaan. atau dengan kata lain bukan sebuah informasi yang benar, sebab umat nasrani dan kristiani tidak mengenal kata "isa al masih". lagi pula kata "jesus" tidak layak disandingkan dengan kata "judas" yang dianggap sebagai seorang pengkhianat (masih berdasarkan sumber informasi dari teman saya).

penyebaran hoax tersebut berkaitan dengan salah satu cara penulisan lafadz Allah. saya sendiri menuliskan 4JJ1 karena komputer yang saya gunakan belum menggunakan huruf arab, karena untuk menggunakan huruf arab perlu menginstall atau mengcopy terlebih dahulu font arabic ke dalam komputer, dan perlu keyboard yang memiliki petunjuk dimana huruf arab yang saya butuhkan berada.

saya berani menggunakan kata 4JJ1, karena saya menemukannya sendiri, (bukan berarti saya yang pertama kali menyebarkan kata ini). saya menuliskan "4JJ1" sebagai alternatif penulisan "Allah", sebab yang saya tahu penulisan "Allah" ada pada injil.

meskipun memiliki tujuan yang baik, yaitu agar kita berhati-hati terhadap penulisan sesuatu kata, namun sayangnya hal ini diiringi dengan sebuah kebohongan, yang sayangnya lagi masih banyak orang indonesia yang langsung menerimanya secara mentah. informasi yang ada saat ini, terutama di internet masih banyak yang harus dikonfirmasi ulang terlebih dahulu sebelum kita terima.

informasi-informasi yang ada terkadang memang benar secara utuh, dalam arti informasinya benar dan tujuan penyampaian beritanya pun benar. ada juga informasi yang benar namun tidak utuh, maksudnya adalah informasi yang ada memang berasal dari kenyataan yang ada, namun ada kebenaran-kebenaran lainnya yang tidak disampaikan, sehingga opini pembacanya mengalami penyesatan dan bertolak belakang dengan kenyataan yang sebenarnya. selain kedua jenis informasi tersebut ada juga informasi yang bahkan tidak mengandung kebenaran sama sekali. atau orang menyebutnya informasi palsu atau berita bohong.

untuk contoh informasi yang benar secara utuh, atau pun contoh dari informasi palsu tampaknya tak perlu di tuliskan di sini, silakan cari sendiri. untuk contoh dari informasi yang benar namun tidak utuh silakan lihat kutipan di bawah ini :

Para pembunuh dan pemenggal bukanlah wajah asli Islam; mereka adalah wajah kejahatan. Mereka berusaha mengeksploitasi agama sebagai jalan menuju kekuasaan dan mendominasi wilayah Timur Tengah. Radikalisme Islam yg menjadi inspirasi mereka memiliki 2 alur utama. Pertama adalah Sunni ekstrim, dibentuk oleh Al Qaida dan sekutu terorisnya. Organisasi mereka memiliki gambaran yg menolak toleransi, menghancurkan (kelompok) yg tidak sependapat, dan menjustifikasi pembunuhan orang orang tidak bersalah demi mendapatkan kekuatan politik. Kami melihat hal ini pada pemerintahan brutal Taliban di Afghanistan, dimana para perempuan dicambuk di muka umum, para laki laki dipukuli karena tidak hadir dalam doa bersama, dan para gadis tidak dierbolehkan bersekolah.

Para ekstrimis ini berharap untuk menerapkan gambaran gelap yg sama pada seluruh wilayah Timur Tengah dengan mendirikan kekhalifahan radikal dan kejam yg terbentang dari Spanyol sampai Indonesia. Mereka membunuhi sesama Muslim di tempat seperti Algeria, Jordania, Mesir, dan Saudi Arabia dalam usaha memperlemah pemerintahannya. dan mereka membunuhi warga Amerika karena mereka mengetahui kita menghalagi jalan mereka. Hal tsb adalah alasan...

Kalimat berwarna biru adalah kalimat yg anda copas
tetapi ternyata ada kalimat lain (merah) yg menjelaskan apa bentuk dark vision yg dimaksud disitu

kutipan tersebut saya ambil dari forum diskusi dudung.net, tepatnya pada topik ini yang sedang membahas masalah Konfrensi Khilafah International. tidak ada maksud apa-apa dalam pengutipan ini. silakan renungkan apa yang awalnya ingin disampaikan oleh penyampai informasi pertama (yang warna biru), walaupun akhirnya (dalam kutipan ini saja) dipatahkan oleh penyampai informasi kedua (yang warna merah).

kesimpulan tulisan ini adalah, sebaiknya konfirmasi terlebih dahulu informasi yang didapat, agar tidak terjadi kesesatan berfikir. cerdaslah pula dalam mengolah informasi, sebab terkadang ada kebenaran yang ditutupi hanya agar opini yang terbentuk tidak sesuai dengan kenyataan, dan jika lebih banyak orang yang beropini salah dalam suatu hal maka justru yang dianggap sebagai kebenaran adalah yang salah.

0 comments:

Post a Comment