18 March 2007

sisi lain kata-kata

saya yakin, semua yang membaca tulisan ini tau apa itu kata. namun, bukan kata dalam karate yang berarti rangkaian jurus. kata selalu digunakan dalam berkomunikasi. entah itu dengan cara dilisankan ataupun diperagakan. kata digunakan oleh makhluk hidup untuk mengkomunikasikan pikirannya. kata dapat berbentuk pelafalan huruf-huruf, penulisan huruf-huruf, suara dalam nada-nada tertentu, gerak tubuh, ekspresi wajah, atau pun adaptasi terhadap lingkungan. semua di alam ini berkata-kata dalam bahasanya sendiri.

dalam prakteknya, terkadang terjadi perbedaan interpretasi terhadap kata yang muncul. hal ini terjadi mungkin karena perbedaan bahasa yang ada, perbedaan wawasan, perbedaan kedalaman berpikir, atau pun perbedaan-perbedaan lainnya. hal ini lah yang menimbulkan ambiguitas kata. ambiguitas kata berarti adanya beragam makan dalam sebuah kata. ambiguitas kata dapat berkembang menjadi ambiguitas kalimat. misalnya, dalam kalimat berikut "apa yang aku perintahkan lakukan semampu mu, apa yang aku larang tinggalkanlah" mungkin ada yang menganggap "perintah" bisa jadi merupakan "larangan", dan "larangan" bisa jadi sebagai "perintah". namun, mungkin sang pembuat kalimat berpikir bahwa "perintah" merupakan "perintah" dan "larangan" adalah "larangan", bukankah akan terjadi kontradiksi diantara keduanya? maka terkadang perlu untuk menyamakan persepsi terhadap kata/ kalimat dengan cara menanyakan langsung kepada sumber informasi.

selain itu ada pula perbedaan persepsi tentang kata "golongan", "kelompok" dan sejenisnya. umumnya orang menganggap kelompok/ golongan merupakan kumpulan orang-orang yang menyatakan dirinya sebagai kelompok secara "resmi". misalnya pada masa perang dingin, muncul negara blok barat dan blok timur, atau pada saat pemilu ada partai a, partai b dan lain sebagainya, atau dalam pergerakan islam ada IM, HT dan lain-lain. namun, pernahkah terpikir selalu ada kelompok/golongan lain di luar kelompok/ golongan itu?

dalam kasus blok barat-blok timur ada non blok. dalam pemilu ada gol put. dalam pergerakan ada kelompok yang tidak ikut ke dalam pergerakan, dan lain sebagainya.

masih begitu banyak abiguitas kata/ kalimat yang ada di sekitar kehidupan makhluk hidup. karena akan selalu ada perbedaan di antara kita. perbedaan memang belum tentu rahmat dari 4JJ1 tapi perbedaan sudah pasti merupakan fitrah dari Nya. di balik perbedaan ada persamaan dan di balik persamaan terkadang ada perbedaan.

NB: jika anda merasa bingung dan pusing saat membaca tulisan di atas, bersyukurlah, karena berarti anda masih bisa berpikir.

Reactions:

2 comments:

Post a Comment