02 July 2006

Diri Kita Bukan Milik Kita

setuju atau tidak judul tulisan ini adalah sebuah kenyataan. sepemikiran dengan salah seorang saudara saya, tidak ada alasan kuat yang menyatakan kalau diri kita ini adalah milik kita seutuhnya. siapakah kita, hingga kita mengaku memiliki diri kita sendiri? bukankah kita tak punya kebebasan dalam memiliki kehidupan kita di dunia ini? mengapa kita bisa merasakan kehidupan? apakah kita mampu menolak pemberian kehidupan ini? janganlah sesumbar menyatakan "be your self/ jadilah dirimu sendiri". sebab siapakah diri kita ini? bukankah manusia itu terbentuk dari informasi yang masuk ke dalam dirinya (terlepas dari informasi itu diterima atau ditolak)?


manusia adalah manusia. makhluk sempurna yang tidak sempurna. makhluk yang berlebih di dalam kekurangannya. ciptaan yang bebas berkehendak sesuai keinginannya namun dibatasi rencanaNya. pribadi yang berkarakter namun memerlukan contoh.

sekali lagi saya hanya ingin menekankan, bahwa diri kita bukanlah milik kita. kita tetap dapat berkelakuan sesuka hati kita. kita tetap boleh menentukan apa yang kita inginkan. hanya saja kita tak selalu dapat mendapatkan apa yang kita ingin dapatkan, sebab ada yang Maha Menentukan.

jika kita telaah konsep egoisme, terutama tentang rasa kepemilikan tubuh, sungguh ternyata ada penuhanan terhadap diri sendiri. apakah kita termasuk ke dalam golongan seperti itu? seandainya saja semua orang sadar tentang siapa yang benar-benar memiliki diri ini, tentu saja tidak akan ada lagi pengobralan aurat manusia.

sebagai penutup saya hanya ingin menulis, innalillahi wainna ilaihi rojiun/ segalanya berasal dari 4JJ1 dan akan kembali kepada 4JJ1

Reactions:

1 comments:

iyups.. aku setuju bangeet!!!
Ya 4JJ Hanya EngkauLah yang BerHak atas diRiku bukan siapa2 EngkauLah yang membeRikan keHidupan dan sesudaHNya... memBeRikan segaLaNya

Post a Comment